Makassar – Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Kosmik) kembali mengadakan Advanced Broadcasting Class yang akrab dikenal dengan kelas ABC. Dilaksanakan selama 4 hari mulai dari 5-8 Juni 2017 di Ruang A FISIP Unhas, ABC mengusung tema “Born to be A Broadcaster.”

Kelas ABC merupakan program kegiatan pelatihan dasar penyiaran dengan tujuan untuk melahirkan regenarasi broadcaster di Kosmik serta menjadi wadah belajar untuk mengetahui proses pra produksi, produksi, hingga suatu program siaran dapat disiarkan.

Advanced Broadcasting Class menghadirkan materi yang bervariasi setiap harinya. Hari pertama, Sense Of Music oleh Rahma Nasir menjadi pembuka materi dari kelas ABC. Materi ini berisi tentang pengenalan genre dan beat lagu.

Materi kedua yaitu News TV Scriptwriting oleh Dede Farsjad. Inti dari materi Ini adalah berita package. Materi ketiga yaitu How To Practice A Good Vocal oleh Mudrikan Nacong yang banyak menguraikan tentang teknik-teknik dalam olah vokal.

Hari kedua, materi Basic Announcing Skills oleh Windi Wulandari dan Acha Syakieb membahas tentang air personality, script reading and adlibbing, teater of mind & think fast, trouble shooting announcing, dan how to announce mmessage to listeners.
Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua yaitu How Reporting & Presenting News On TV oleh Edwin Darwis.

Hari ketiga kembali diawali dengan materi Program TV Scriptwriting yang dibawakan oleh Sabda MB Rolle kemudian dilanjutkan materi kedua oleh M. Dwi Rahmady tentang Sound Editing. Materi ini membahas tentang apa saja software sound editing lalu cara membuat bumper, spot & insertion. Setelah materi Sound Editing dilanjutkan dengan Radio Production & Programing oleh Maresa Giswandani. Dalam mameri ini kita bisa memamahami tiga hal yakni: operating skill dan pengenalan alat, script program, dan Hot Clock.

Pada hari ke empat sekaligus hari terakhir kelas ABC, materi yang pertama adalah Framing Pictures On News oleh Ridho Aslam. Materi kedua adalah Editing News dan Program TV oleh Amal Darmawan yang membantu kita memahami tentang aturan editing offline dan online serta perbedaan antara keduanya. Amal juga memperlihatkan contoh bumper, CG, dan Credit Tittle dalam editing berita.

“Kelas ABC tahun ini semoga saja dapat menjadi kelas yang dapat meregenerasi broadcaster-broadcaster di Kosmik. Bukan hanya sebagai ruang belajar namun ilmu yang sama-sama kita pelajari di ABC dapat langsung kita aplikasikan saat produksi program tv dan radio nantinya,” ungkap Winda Anggraeny selaku Manager Broadcast.

Reinaldi Pratama, salah seorang peserta kelas ABC berpendapat bahwa kelas ABC adalah kelas yang seru. Kita diajarkan mengenai dunia penyiaran tv dan radio yang sebenarnya. Bukan hanya mempersiapkan mental, akan tetapi yang paling utama yaitu skill yang baik untuk terjun di dunia broadcasting.

Sebagai bentuk tahap lanjut, peserta kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok dan ditugaskan membuat program TV atau radio. Liputan tim TV akan dilaksanakan di gedung Immim pada Sabtu, 10 Juni 2017, sedangkan untuk tim radio akan produksi program radio di Lab Audio Visual pada hari Sabtu, 10 Juni 2017. Editing akan dilaksanakan pada Minggu, 11 Juni 2017. (MA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *