Makassar, Baruga – Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia Timur kembali diramaikan dengan sebuah event Internasional. Hari ini, Selasa (06/09/2016), International Conference on Multidiciplinary Research (ICMR) 2016 secara resmi dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwi Aries Tina P, MA di Gedung Ipteks Unhas. Kegiatan ini merupakan kerjasama Unhas dengan tiga universitas, yaitu Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Pulau Pinang, School of Distance Education, Universitas Sains Malaysia (USM), Universitas Syah Kuala (UNSYAH) Banda Aceh. (Foto Oleh : Rivan/Kifo)

Acara yang telah dimulai sejak tahun 2012 ini rupanya mendapat sambutan yang sangat baik oleh akademisi di dalam dan di luar negeri. Rencananya, acara yang berlangsung selama dua hari ini akan menghadirkan 101 paper dari beberapa penelitinya untuk kemudian dipresentasikan  dalam 22 Parallel Session. Di hari kedua, (07/09/2016) ICMR 2016 akan dilaksanakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Konfrensi ini diharapkan dapat menjadi ruang untuk mengenalkan, membicarakan dan mendiskusikan hasil penelitian oleh para peneliti dan akademisi dari berbagai disiplin keilmuan agar berguna bagi peningkatan kualitas hidup manusia.

Kegiatan yang bertema Earthing Knowledge, Strengthening Connectivity ini merupakan acara tahunan yang akan digilir berdasarkan hasil rapat empat institusi yang bekerja sama (UISU-USM-Unsyah-Unhas). ICMR 2016 juga berhasil membuat Unhas mengantongi Piala.  “Hasil keputusan rapat piala bergilir akan jatuh di tangan Unhas tahun ini, berhubung Unhas menjadi tuan rumah penyelenggara ICMR,” ungkap Sekretaris Panitia ICMR, Joanna Janisa. “ICMR merupakan Konsorsium, dari 150 abstrak yang terkumpul, hanya ada 101 yang mengkonfirmasi ulang untuk siap dikaji dalam ICMR,”  jawab Ketua Panitia ICMR, Muhammad Nasir Badu Ph.D saat ditemui usai ICMR sore tadi.

Sebagai apresiasi terhadap peserta yang telah berpartisipasi mengumpulkan paper Karya Ilmiah di ICMR tahun ini, Unhas menjanjikan pemberian Prosiding beri SBN dan sertifikat kepada peserta. Untuk tahun depan ICMR akan kembali hadir di Indonesia dan berdasarkan hasil keputusan rapat, Unsyiah akan menjadi tuan rumah. (JA/WD)

cakra (1) fix

Suasana ICMR setelah dibuka resmi oleh Rektor Unhas pagi tadi Selasa (06/09/2016), di gedung Ipteks Unhas. (Foto Oleh : Cakra/Kifo KOSMIK)

cakra (10) FIX

Penyerahan plakat kepada salah satu Keynote Speaker ICMR 2016 usai membawakan materi. (Foto Oleh : Cakra/Kifo KOSMIK)