Makassar, Baruga – Basic Course Of Photography (BCOP) kembali diselenggarakan oleh Klub Kine dan Fotografi (Kifo), Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Kosmik). Kegiatan ini dimulai pada hari Kamis (15/6/2017) pukul 10.15 WITA di Ruang B1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unhas. Acara secara resmi dibuka oleh Dr. Moeh. Iqbal Sultan, M.Si selaku Ketua Departemen Ilmu Komunikasi.

BCOP kali ini mengusung tema “Photograph Your Mind” dan diikuti oleh 38 peserta. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh warga Kosmik angkatan 2016 saja, melainkan ada pula mahasiswa di luar Jurusan Ilmu Komunikasi yang ikut berpartisipasi dalam wadah belajar ini.

Peserta mendapat beberapa materi pada pelaksaan BCOP hari ini. Materi pertama yaitu Fotografi Hari Ini oleh Amal Darmawan. Materi ini membahas tentang perkembangan dunia fotografi dari masa ke masa hingga kondisinya saat ini. Materi kedua adalah Anatomi dan Teknik Fotografi yang dibawakan oleh Marwan Paris, kemudian dilanjutkan dengan materi terakhir yaitu Komposisi Foto oleh Jung Muhamamad.

Sebelumnya pada acara pembukaan, Ketua Departemen Ilmu Komunikasi Moeh. Iqbal Sultan, M. Si menyampaikan bahwa fotografi sudah sangat mudah untuk dipelajari dengan melihat perkembangan teknologi saat ini. Namun, hal yang tidak terlepas dari fotografi adalah pemenuhan kepuasan dari sang fotografer terlebih dahulu, setelah itu baru merambah ke wilayah ekonomis.

Hal yg serupa juga disampaikan oleh Andi Lukman. Ia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang dapat mewadahi minat dan bakat mahasiswa. “Foto juga dapat bernilai ekonomis karena foto bisa saja menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan politik, ekonomi, dan berbagai persoalan sosial yang ada di masyarakat,” jelasnya selaku Tim Minat Bakat FISIP Unhas.

Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari yaitu dimulai hari Kamis (15/6) hingga Sabtu (17/6). Selama dua hari, peserta akan diberikan materi yang berkaitan dengan dasar-dasar fotografi lalu dilanjutkan dengan praktek di lapangan pada hari terakhir.

BCOP yang merupakan salah satu program kerja dari Kepengurusan Kosmik periode 2017/2018 diharapkan mampu menjadi wadah bagi mahasiswa terkhusus warga Kosmik untuk belajar mengenai hal-hal dasar fotografi yang merupakan salah satu keilmuan dari Ilmu Komunikasi. “Setelah kegiatan ini, para peserta diharapkan mampu mengimplementasikan apa yang telah diperoleh,” ungkap Azwar Asnan selaku Ketua Umum Kosmik. (FB/IA)

Foto oleh : Kifo Kosmik