Makassar, Baruga – Indie Movie Class (IMC) 2016 telah memasuki hari keenam (02/08). Kegiatan ini kembali dilaksanakan di Ruang B KEMA FISIP UNHAS dan diikuti oleh 24 peserta. IMC pada hari ini diawali dengan materi Peran dan Tugas Sutradara oleh Fahmi Iskandar. Ia menjelaskan peran sutradara ketika pra produksi, produksi, dan pasca produksi.

Materi kedua dilanjutkan oleh Irwanto Hamid mengenai Tata Bahasa Dasar. Ia menjelaskan bahwa sutradara perlu membuat penonton mengerti pesan yang ingin disampaikan dalam film melalui bahasa film. Ada 3 pertanyaan yang harus bisa dijawab oleh seorang sutradara yaitu, “Di sisi mana saya akan menempatkan kamera?”, “Bagaimana saya membuat adegan?” dan “Apa yang harus saya katakan pada pemain?”.

Materi ketiga yaitu Skenario dan Breakdown Skenario yang kembali dibawakan oleh Fahmi Iskandar. Dalam breakdown skenario, sutradara harus menentukan cast, properti, kostum, dan shotlist ketika pra produksi. “Seorang sutradara harus bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat dalam hal-hal kreatif”, ujar Fahmi.

Materi terakhir juga kembali dibawakan oleh Irwanto Hamid mengenai Penyutradaraan. Irwanto yang kerap disapa Wanto ini menjelaskan bahwa seorang sutradara perlu mengetahui semua departemen dalam film dan mengarahkan semua elemen film dengan baik.

“Ternyata menjadi seorang sutradara itu tidak mudah, banyak sekali yang harus dipelajari. Dari materi kali ini saya mendapatkan banyak pelajaran tentang penyutradaraan. Saya merasa perlu menonton lebih banyak lagi film”, ungkap Muhammad Medriansyah, salah satu peserta IMC. (ADA)