Makassar – Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Kosmik) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Hasanuddin (Unhas) telah menggelar Kelas Dasar Logika dan Filsafat atau yang biasa dikenal dengan Kelas Daslogfil. Kelas  Dasar Logika dan Filsafat merupakan program kerja yang dihadirkan oleh Communication Study Club (CSC) Kosmik Unhas.

Kelas dasar yang berlangsung sejak tanggal 2-4 September, dilaksanakan secara daring melalui ruang virtual Zoom.

Filsafat mengajarkan untuk berpikir lebih dalam, berusaha menemukan kebenaran tentang segala sesuatu, dan memberikan bekal berharga dalam upaya memecahkan masalah serius, dan mempelajari logika untuk berpikir secara rasional dan kritis. Maka dari itu, kelas dasar ini diadakan untuk menjadi ruang dialektis terbuka dalam mempelajari dan memenuhi ketertarikan mahasiswa mengenai logika dan filsafat

Kelas Daslogfil merupakan kelas yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya, dan untuk tahun ini Kelas Dasar Logika dan Filsafat kembali memuat enam materi. Adapun keenam materi dan fasilitatornya, yaitu Pengantar Ilmu Logika yang dibawakan oleh Sultan Amanda Raja, Kaidah Berpikir oleh Muh. Rafly Purnama Rizaldy, Kesalahan Berpikir oleh Irfan Anshar Pratama, Pengantar Ilmu Filsafat oleh Muhaimin Syadzali Tahiri DJ, Sejarah Filsafat oleh Taufik Syahrandi, dan Cabang-Cabang Filsafat oleh Jawahirus Saniah. Materi-materi tersebut diharapkan dapat memenuhi tujuan dari diadakannya kelas belajar ini.

Kelas ini juga berlangsung secara interaktif. Para peserta dapat saling berdiskusi, bertukar pikiran dengan fasilitator.

Aziz Albar, koordinator Communication Study Club (CSC) Kosmik Unhas, berharap agar kelas ini dapat memantik pengetahuan peserta terhadap logika dan filsafat serta dapat dikembangkan atau diterapkan dalam keseharian.