Makassar – Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Kosmik) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Hasanuddin (Unhas) telah melaksanakan Orientasi Bersama Calon Unik dan Radikal (Obscura) yang merupakan salah satu tahapan awal dari rangkaian proses sosialisasi almamater bagi mahasiswa baru ilmu komunikasi angkatan 2021.

Obscura tahun ini diadakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 02-03 Oktober 2021. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang diadakan secara semi-online, kali ini diadakan secara full daring dan dibuka secara resmi oleh Kepala Departemen Ilmu Komunikasi Unhas, Dr. Sudirman Karnay, M.Si.

Obscura diadakan dengan tujuan sebagai ruang pengenalan mahasiswa baru terhadap keilmuan, kemahasiswaan dan keorganisasian. Obscura kali ini memuat tiga materi. Adapun ketiga materi tersebut dan fasilitatornya ialah, Mengenal Lebih Dekat Tentang Mahasiswa oleh Sultan Amanda Raja, Organisasi, Wadah Belajar Mahasiswa oleh Muhaimin Syadzali Dj dan Andi Ainun Fathira, serta materi terakhir yaitu Mengapa Komunikasi Disebut Sebagai Ilmu? oleh Jawahirus Saniah.

Tidak hanya berisi materi-materi formal, namun Obscura juga menyediakan games untuk pesertanya. Kemudian ditutup oleh pengenalan biro, klub dan kelompok pengembangan yang ada di Kosmik Unhas.

“Obscura adalah tahapan awal bagi adik-adik mahasiswa baru untuk berproses memasuki rumah, jadi saya berharap dengan adanya Obscura ini, dapat membentuk kerangka berpikir adik-adik secara mendasar melalui materi yang diadakan,” tutur Ichwan Aziizil selaku Koordinator Sosialiasi Almamater tahun 2021.

Dengan adanya Obscura, mahasiswa 2021 diharapkan dapat berproses dan mengembangkan potensi yang dimiliki melalui biro, klub dan kelompok pengembangan yang diminati.