Biro Penerbitan Baruga

Biro Penerbitan Baruga merupakan wadah bagi warga Kosmik yang memiliki minat dan bakat di bidang kepenulisan dan penerbitan serta bertanggung jawab penuh terhadap penerbitan majalah Baruga, Buletin, dan Acta Diurna. Biro ini juga rutin mengadakan kelas dan pelatihan seputar jurnalistik dan kepenulisan.

Green Communication Club (GCC)

GCC merupakan wadah bagi warga Kosmik yang ingin mendalami Jurnalisme Hijau dan yang berminat pada kegiatan di alam bebas. Wadah ini diharapkan dapat menjadi “batu asah“ untuk mendidik warga Kosmik yang berkualitas dan mampu menguasai bidangbidang keilmuan yang diperoleh di Departemen Ilmu Komunikasi serta pemahaman aspek lingkungan hidup dan kaitannya dengan relasi praktek ilmu komunikasi.

Biro Broadcasting

Biro ini bertanggung jawab terhadap minat dan bakat warga Kosmik di bidang penyiaran TV dan Radio. Biro Broadcasting juga hadir sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada warga Kosmik atau khalayak umum melalui program TV dan Radio.

Communication Games, Sport, and Art (Comgastra)

Bagi warga Kosmik yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga dan seni, maka Comgastra merupakan tempat untuk mewadahi hal tersebut. Tidak hanya itu, Comgastra hadir untuk memberikan nuansa fun bagi warga di tengah rutinitas dan aktivitas warga dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan.

Biro Umum

Biro Umum bertanggung jawab terhadap pengembangan bakat dan minat warga di luar bidang kerja biro dan kelompok pengembangan lainnya. Biro ini memilik dua sub biro, yakni; Green Communication Club (GCC) dan Communcation Games, Sport, andArt (Comgastra).

Graphic Design Development (Gradient)

Gradient merupakan wadah pengembangan minat dan bakat warga Kosmik di bidang desain grafis. Gradient juga bertanggung jawab terhadap semua bentuk desain visual mulai dari pembuatan, pengawasan sampai dengan hal penentuan regulasi desain visualyang ada di Kosmik.

Communication Study Club (CSC)

CSC bertanggung jawab melakukan kajian secara berkesinambungan, mengelola Mini Library, dan menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga kajian eksternal.

Kelompok Pengembangan Periklanan (KPP)

KPP merupakan wadah bagi warga Kosmik untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang Periklanan. KPP juga memproduksi iklan serta mengadakan kegiatan seputar periklanan dan pelatihan mengenai teknik pembuatan iklan.

Kelompok Pengembangan Public Relation (KPPR)

KPPR adalah wadah pengembangan bagi warga yang tertarik menjadi praktisi public relations. Di KPPR, kita sadar jika bukan hanya pandai berbicara yang menjadi modal utama, namun penting pula memiliki kemampuan untuk membangun relasi, negosiasi, menciptakan inovasi, dan membranding image perusahaan atau instansi.

Klub Kine dan Fotografi (KIFO)

 Bagi warga yang memiliki minat dan bakat di bidang film dan fotografi. Maka, Kifo merupakan tempat untuk mewadahi hal tersebut. Kifo juga bertangung jawab terhadap dokumentasi foto dan video serta mengarsipkan segala bentuk foto dan video yang ada di Kosmik. Kifo memiliki dua sub biro yaitu; Kine dan Fotografi.

Communication Cyber Club (CCC)

Sesuai namanya, Communication Cyber Club ialah wadah bagi warga Kosmik yang memiliki minat di bidang Cyber khususnya dalam keilmuan Komunikasi, baik secara teori maupun praktis. Dalam pengembangan minat bakat, CCC memiliki tanggung jawab untuk menyediakan wadah belajar berupa kelas maupun diskusi yang berkaitan dengan dunia Cyber atau IT.

Selain itu, CCC sendiri memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan merawat segala media publikasi Kosmik, seperti website, sosial media, dan lainnya.