Makassar- Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Kosmik) FISIP Unhas kembali mengadakan Orientasi Bersama Calon Unik dan Radikal (Obscura). Obscura merupakan tahapan awal dari rangkaian proses sosialisasi almamater bagi mahasiswa baru angkatan 2020 yang diadakan secara formal. Obscura merupakan ruang untuk mengenalkan nilai-nilai dasar terkait kemahasiswaan dan ruang gerak mahasiswa, yaitu organisasi.

Pada Obscura tahun ini akan diadakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 28-29 November 2020 mendatang. Ada tiga materi yang akan disampaikan kepada mahasiswa baru Ilmu Komunikasi angkatan 2020, yaitu Kemahasiswaan oleh Febi Ardiatri Pasangka, Keorganisasian oleh Muh. Taufik Syahrandi, dan Keilmuan oleh Irfan Ashar Pratama.

Penanggung Jawab Sementara Biro Umum, Marva Syarif Maulana Gobel menuturkan bahwa tujuan dari pelaksanaan Obscura antara lain: pengenalan dan pemahaman nilai-nilai mengenai identitas mahasiswa, keorganisasian secara umum, ke-Kosmik-an secara khusus, keilmuannya yaitu Ilmu Komunikasi, serta proses pengenalan, pemahaman, dan pengimplementasian budaya dialektis-kritis sebagai seorang mahasiswa. Selain itu, Obscura juga diadakan untuk menjadi ruang silaturahim antara mahasiswa baru angkatan 2020 dengan warga Kosmik.

Obscura tahun ini akan berlangsung dengan sistem semi-online, sekitar 66 orang mahasiswa baru yang berdomisili di Makassar akan hadir secara langsung di Aula Prof. Abdul Syukur, sementara mahasiswa yang berdomisili di luar Makassar akan mengikuti secara daring melalui aplikasi Zoom.

 “Saya pribadi berharap, selepas Obscura ini adik-adik akan lebih paham tentang identitasnya sebagai mahasiswa. Tentang tanggung jawab yang berada dibalik gelar tersebut, saya juga berharap adek-adek akan menemukan urgensinya dalam berorganisasi dan tentunya mulai mengenal dengan rumah kita (Kosmik). Melalui Obscura ini saya harap adik-adik juga bisa lebih mempererat ikatan satu sama lain dan juga dengan kakak-kakaknya.” tutur Koordinator Sosialiasi Almamater, Assa Jauza.