Sudah 32 tahun Biro Kine dan Fotografi atau Kifo hadir dan memberikan wadah belajar untuk warga Kosmik yang memiliki minat dan bakat di bidang kine dan fotografi. Biro Kifo juga telah membantu menjaga segala memori indah yang telah diukir dengan mendokumentasikan serta mengarsipkan semua kenangan yang ada di Kosmik berupa jepretan gambar dan rekaman video.

Untuk kembali merayakan kebesaran Kifo, Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi mengadakan Perayaan Ulang Tahun Kifo yang ke 32 pada hari Senin, 9 November 2020. Perayaan yang mengusung tema “Behind the Lens” ini akan diadakan secara daring melalui Zoom dan secara non-daring pada Café Sudut Senja, Jalan Nuri nomor 39, Makassar.

Rangkaian selebrasi ini akan dimulai dengan Hariandi Hafid yang akan membawakan materi “Foto sebagai Media Penyampaian Pesan dan Provokasi”, dilanjutkan dengan pemutaran film “02.03” oleh Rahmi Salsabila, lalu materi “Melihat Ekosistem Film di Makassar” yang akan dibawakan oleh Arman Dewanti serta agenda seremoni dan cerita lepas yang akan berlangsung hingga malam hari.

Sitti Nur Aisah selaku Koordinator Klub fotografi menyatakan bahwa sejauh ini banyak hal yang telah dilakukan oleh Kifo yang tidak terlepas dari partisipasi warga Kosmik, seperti kelas dasar foto dan video yang dilakukan rutin setiap tahunnya, pameran foto dan screening film karya warga Kosmik. Aisah juga menambahkan, “Tujuan diadakannya perayaan ultah Kifo ini untuk memberikan pengetahuan aja ke peserta yang nantinya join dan sebagai ajang mempererat silaturahmi. Harapannya semoga bermanfaat aja ke semuanya dan Kifo semakin berjaya”.

Saudara Muh. Furqan Al Ihzam selaku Koordinator Klub Kine menyatakan bahwa perayaan kali ini diadakan untuk melihat dan memahami kembali proses dalam berkarya lagi. “Semoga ke depannya tetap bisa lebih antusias dan lebih kreatif lagi dalam berkarya”, tambahnya sebagai harapan kepada Biro Kifo di usia yang baru ini.