Makassar, Baruga – Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOSMIK) Unhas kembali mengadakan Orientasi Bersama Calon Unik dan Radikal (Obscura). Obscura merupakan salah satu rangkaian kegiatan sosialisasi almamater tahap awal yang rutin diadakan oleh KOSMIK. Pembukaan Obscura telah berlangsung pagi tadi, Minggu (04/09) bertempat di FIS III ruang 209. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.30 WITA dibuka oleh Ketua Departemen Ilmu Komunikasi, Dr. Moeh Iqbal Sultan M, Si. Obscura kali ini juga dihadiri oleh Sekretaris Komisariat Disiplin FISIP Unhas.

Uniknya Obscura kali ini memiliki rangkaian kegiatan baru yang dikenal dengan istilah  Piknik. Pada Pertemuan Intens kakak dan Adik (Piknik) ini, adik-adik akan diberikan lanjutan materi yg disampaikan pada saat acara ceremoni Obscura. Adapun materi yang akan diberikan salah satunya mengenai Kemahasiswaan.

“Obscura diharapkan dapat mengenalkan kepada adik2 tentang identitasnya sebagai seorang mahasiswa, mengenal tanggung jawab seorang mahasiswa, dan mengapa mahasiswa berorganisasi,” harap Biro Umum, Sakti Ibrahim.

Ketua KOSMIK, Fachrul Rozy berharap pada proses Obscura Maba bisa mendapatkan pengetahuan terkait kemahasiswaan, keorganisasian dan KOSMIK secara khusus, serta menjawantahkannya dalam bentuk gerak keseharian. (NMA)

Obscura tahun ini dihiasi dengan konsep lingkaran Piknik.

Orientasi Bersama Calon Unik dan Radikal (Obscura) merupakan salah satu dari tiga tahapan proses Sosialisasi Almamater KOSMIK tiap tahunnya dalam menyambut Mahasiswa Baru. Setiap tahunnya ¬†berbagai konsep Sosialisasi Almamater di KOSMIK memberikan langkah variatif dalam proses pembentukannya, tanpa menghilangkan esensi nilai “kekosmikan”.

Konsep yang digarap oleh KOSMIK untuk Obscura tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, Obscura dirangkaikan dengan Piknik. Mendengar kata piknik biasanya tidak jauh dengan nuansa berlibur dengan kerabat dan keluarga. Tidak jauh dari nuansa tersebut, KOSMIK dengan Piknik yang berarti Pertemuan Intens Kakak dan Adik ini diharapkan tidak menjadi sekedar pengumpulan biasa.

“Piknik KOSMIK ini akan memberikan semangat dan motivasi adik-adik yang baru bergabung dan beradaptasi di lingkungan yang masih asing bagi mereka,” kata PR KOSMIK, Siti Hajra Pratiwi dengan optimisnya. (WD)