Makassar, Baruga – Kegiatan Timelines (Pelatihan menulis liputan dan peristiwa) yang diadakan oleh Kosmik (Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi) mengangkat tema “Mengamati Peristiwa, Menorehkan Kebenaran” berlangsung dari tanggal 10 – 14 Juli 2018, kegiatan ini merupakan wadah bagi para mahasiswa ilmu komunikasi untuk mempelajari kajian Jurnalistik.

Pada hari pertama, terdapat agenda pembukaan yang dilaksanakan pada pukul 10.00 pagi. Adapun beberapa sambutan oleh Rudi Salam selaku Ketua Panitia, Prabowo Arya selaku Ketua Umum Kosmik periode 2018-2019, Nur Sandrawali Gosul selaku Ketua BEM KEMA FISIP Unhas, dan salah satu perwakilan dari Dema (Dewan Mahasiswa). Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Alumni FISIP Unhas, Dr. Rahmat Muhammad M,Si di Ruang Wajo FISIP Unhas.

Materi yang diberikan pada hari pertama yaitu mengenai hal dasar dari jurnalistik seperti teknik wawancara serta jenis-jenis berita.

Dihari kedua masih terdapat beberapa materi dasar jurnalistik. Materi pertama adalah manajemen redaksi yang dibawakan oleh Wulan Dwiyanti. Setelah itu akan dilanjutkan Editing yang dibawakan oleh Aslam Azis, lalu yang terakhir Layouting yang difasilitatori oleh Haekal Sandewang. Wulan Dwiyanti selaku pemateri manajemen redaksi mengatakan “manajemen redaksi termasuk hal dasar yang penting dalam jurnalistik karena dapat memberikan kita gambaran awal seperti apa nanti proses-proses yang akan dilakukan di dalam jurnalistik itu sendiri, untuk mengetahui apakah kitabsatu visi juga apakah kita satu tujuan dalam mengambil keputusan media dengan tim redaksi, hal tersebut tergantung dengan manajemen redaksi itu sendiri”.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Timelines tahun ini sebanyak 13 orang. “Sebenarnya saya tidak punya minat dengan jurnalistik tapi saya hanya ingin mencari pengalaman, hanya sekedar penasaran dengan hal hal yang dilakukan dalam bidang jurnalistik. Satu hal yang dapat saya pelajari dari materi-materi yang telah diberikan yaitu menulis bukan dilihat dari bagus tidaknya tulisan kita, melainkan menulis itu dilihat dari ‘ada’ nya tulisan tersebut” ujar Dita Asshary salah satu peserta Timelines.

Setelah diberikan materi selama 2 hari, para peserta akan turun langsung untuk meliput dan menulis berita yang dilaksanakan selama tiga hari berikutnya. kegiatan tersebut akan di adakan di Balai Diklat Pekerjaan Umum (PU) kota Makassar. (NSU)